Rabu, 16 Februari 2011

Mengatasi Masalah dalam Hidup

Kadang hidup terasa sulit dijalani, lika-liku hidup membuat tidak sedikit orang merasa stress. Banyak dorongan dan himpitan dari sana sini yang seakan membuat hidup ini terasa sempit. Kadang kita berada di atas, kadang juga berada di bawah. Ketika kita di bawah inilah hidup terasa susah dan langkah terasa berat.
Kemudian adakah hal-hal yang dapat membebaskan kita dari masalah-masalah yang membelenggu hidup, saya akan mencoba berbagi tips yang mudah-mudahan dapat membantu para pembaca untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam hidupnya.

1. Langkah pertama, berdoalah kepada Tuhan agar memudahkan urusan yang sedang kita hadapi. Doa merupakan hal mistis yang memang banyak orang dari berbagai pemeluk agama mempercayainya. Percaya akan ampuhnya suatu doa berarti percaya akan adanya Tuhan. Kepada Tuhanlah kita berdoa, dan memang Dialah Yang mengendalikan segala pergerakan yang ada di alam semesta ini, gemuruh ombak, tiupan angin dan letusan gunung merapi pun tak luput dari rencanaNya. Maka dari itu hanya kepadaNyalah kita meminta untuk mengendalikan hidup kita yang sedang mengalami gonjang ganjing agar kita dapat menghadapi dan menyelesaikan masalah yang sedang kita tempuh.
2. Langkah kedua, ketika masalah berkecamuk dalam otak kita, jangan pernah mundur atau lari dari masalah yang kita hadapi. Jalanilah hidup ini sebagaimana baiknya yang mesti anda kerjakan, jalanilah hidup ini pelan-pelan, tidak usah memikirkan mimipi-mimpi atau target yang terlalu tinggi. Tak usah terburu-buru ingin keluar dari masalah, tapi hadapilah masalah itu pelan-pelan. Menghadapinya bukan berarti hanya pasrah tanpa ada upaya untuk menyelesaikannya, tapi harus ada upaya konkrit yang kita lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Upaya tersebut berupa hal-hal apa yang semestinya anda kerjakan sekarang. Tidak usah memikirkan anda akan melakukan ini dan itu nanti, tapi cukup lakukan apa yang harus anda kerjakan sekarang.

3. Langkah ketiga yang menurut saya ini langkah terakhir dalam mengatasi masalah dalam hidup yaitu tawakkal/ berserah dan pasrah kepada Tuhan. Ini merupakan langkah terakhir setelah kita melalui proses-proses yang telah saya paparkan di atas, karena setelah berdoa serta berusaha menjalani hidup dan menghadapi masalah, tinggallah kita serahkan semuanya kepada Tuhan. Kita memulai suatu langkah dan meakhirinya dengan berserah kepada Tuhan, karena berdasarkan apa yang telah saya sampaikan di atas, Tuhanlah Yang Mengendalikan segala pergerakan alam semesta dan kejadian yang ada di dalamnya. Kita sudah berusaha, kemudian untuk selanjutnya biarlah Tuhan yang memutuskan kelanjutannya, apakah Ia akan menyelesaikan masalah kita ataukah malah memperpanjang dan bahkan memperberat masalah itu. Nah disinilah terdapat rahmat Tuhan, terkadang manusia berburuk sangka kepada nasib bahkan kepada Tuhan. Justru disinilah Tuhan ingin menguji ketabahan individu manusia, apakah Ia terus berusaha dan memohon padaNya ataukah hanya sejauh ini kesungguhannya meminta dan mengharap padaNya. Nah kesungguhan anda dalam meminta kepdaNyalah yang ingin dilihat oleh Tuhan, maka teruslah berusaha menghadapi dan menyelesaikan masalah anda dengan baik serta memohon kepadaNya, senantiasa Tuhan memberikan nilai plus setidaknya untuk apa yang telah anda upayakan. Tinggal bagaimana kita mengevaluasi diri kita apakah upaya yang telah dilakukan sudah optimal atau belum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar