Jumat, 17 Juni 2011

Memilih Dress Sesuai Bentuk Tubuh

Jins bisa jadi merupakan pakaian yang paling sering Anda kenakan sehari-hari. Supaya di malam tahun baru nanti penampilan Anda lebih memukau, coba pilih tipe dress yang disesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Begini tipsnya:

Tubuh Bentuk Buah Pir

Untuk yang bagian atas tubuh lebih kecil ketimbang lebar di bagian bawah (pinggul), mengutamakan daya tarik pada bagian dada dan pundak, serta meminimalisir penampilan bagian bawah tubuh akan menjadi pilihan tepat. Yang bisa Anda lakukan:
a. Cari dress berbentuk A-line. Ini adalah bentuk busana yang paling tepat untuk Anda. Bentuk seperti ini seharusnya membuat pas di bagian atas tubuh Anda, dan sedikit mengembang mulai dari pinggul ke bawah.
b. Terlihat menarik di bagian atas. Gaya dengan scoop neck atau V-neck akan menarik perhatian ke arah dada Anda. Hal ini akan membantu menyamarkan bentuk pinggul yang terlihat besar.

Tubuh Penuh Berisi
Salah satu kesalahan yang sering terjadi ketika ingin menutupi bentuk tubuh adalah dengan "menenggelamkan" tubuh di bawah tumpukan busana yang penuh. Pilihan yang lebih baik adalah pilih busana yang cukup nyaman tanpa terlalu banyak kesan menumpuk. Contohnya:
a. Pilih busana empire waist. Busana ini memusatkan bagian paling pas tubuh tepat di bawah payudara, yang artinya membantu meminimalisir dan meratakan bagian tengah sekaligus menarik perhatian pada bagian dada dan lingkar leher.
b. Motif. Coba pilih motif vertikal yang tak terlalu mencolok, seperti motif zebra atau python, seperti disarankan oleh Lloyd Boston, pengarang Before You Put That On.

Tubuh Berlekuk ala Jam Pasir

Jika Anda pemilik bentuk tubuh dengan proporsi semacam ini, maka memusatkan perhatian pada bagian tengah tubuh adalah pilihan paling tepat.
a. Wrap dress. Dress dengan model wrap, yang mengerut atau diikat di bagian pinggang adalah pilihan yang cantik untuk Anda.
b. Ikat pinggang. Carilah dress yang diperlengkapi dengan belt untuk diikat pada bagian tengah tubuh Anda, dan sedikit mengembang. Atau cari shift dress dan tambahkan ikat pinggang.

Tubuh Atletis atau Kurus
Karena bentuk tubuh seperti ini cenderung terlihat "lurus", dress yang menciptakan sedikit lekuk bisa memberi kesan feminin dan mengubah imej "tomboy". Begini caranya:
a. Pilih halter neck. Tipe dress dengan model leher halter (yang mengelilingi lingkar leher dan diikat di belakang leher) tak hanya menarik perhatian pada bagian pundak bidang Anda, tetapi juga sekaligus menarik perhatian ke arah dada, memberikan sedikit lekuk feminin.
b. Motif. Pola motif abstrak dan fabrik yang bertekstur akan memberikan lekuk dan kedalaman pada bingkai tubuh Anda.

Berdada Besar
Untuk menyamarkan sekaligus mensyukuri anugerah Sang Kuasa ini, perhatikan tips berikut:
a. Jangan menumpuk kain atau bahan pada daerah ini. Jangan berusaha menutup "kelebihan" di area tersebut dengan ruffle, ruching, atau aneka cara tumpukan kain atau embellishment di sekitar dada. Jika Anda menyukai ornamen yang ramai, cukup tambahkan di bagian pinggang atau di sekitaran hem lengan.
b. Cobalah minta penjahit untuk membuatkan bentuk yang tepat sesuai bentuk tubuh Anda. Minta dibuatkan busana yang Anda inginkan tetapi dengan ukuran lebih besar di bagian dada. Mungkin Anda akan mengeluarkan biaya lebih, tetapi dengan begitu, pakaian yang Anda beli jadi lebih sering dipakai.

Bertubuh Mungil
Anda akan butuh dress yang membuat tubuh mungil Anda "terlihat". Pilih dress yang minimalis tapi dengan detail unik, seperi warna yang terang atau tambahan ornamen.
a. Hindari bahan yang berlebihan, seperti maxi dress, karena bisa membuat Anda seperti "tenggelam" dan makin kecil. Siluet dress selutut adalah pilihan terbaik.
b. Cintai warna-warni. Wanita bertubuh mungil akan dengan mudahnya "terhilang" dalam kerumunan orang jika mengenakan pakaian berwarna hitam. Pilihlah warna-warna aman lain, seperti biru tua atau warna tembaga metalik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar