Jumat, 17 Juni 2011

Mencegah Wajah Kusam

KULIT yang sehat adalah kulit yang terasa kenyal saat disentuh dan tidak kusam. Sayangnya, perubahan cuaca, sinar matahari, polusi, dan penggunaan kosmetik yang tidak tepat bisa membuat kulit menjadi tidak sehat seperti kering, kasar dan kusam.

Nah, bagi Anda yang mengalami kulit kering, kasar dan kusam, jangan lantas bersedih hati. Karena ada beberapa trik mudah yang bisa dilakukan agar wajah menjadi bersih dan sehat kembali. Demikian yang dikatakan konsultan kecantikan dari Dr VI Skincare Balikpapan dr Vina Oktora.

Vina menjelaskan, kulit yang kering merupakan keadaan saat dimana kulit kehilangan kelembabannya sehingga tampak pecah-pecah dan kusam. Penyebabnya bisa dari faktor genetik, di mana orang terlahir dengan kulit yang kelembabannya kurang.

Sementara dari faktor luar disebabkan oleh polusi udara, ruangan ber-AC, duduk dekat perapian atau kipas pemanas, terlalu sering berenang, kontak dengan sabun deterjen atau  bahan pelarut sehingga gesekan yang menyebabkan iritasi atau kulit pecah.

“Inti dari kulit kering sebenarnya terjadi karena tubuh atau kulit kekurangan asupan cairan. Hal ini karena pola hidup yang tidak benar dan adanya keengganan untuk mengonsumsi air saat melakukan atau setelah beraktivitas,” terang dr Vina.

Sedangkan air yang baik untuk dikonsumsi, lanjutnya, adalah air putih (bening) yang sudah dimasak.

“Sebaliknya, hindari minuman bersoda walaupun berwarna bening karena kandungan dalam soda membuat kulit dehidrasi. Selain itu membuat pinggang membesar,” ucap dia.

Dipaparkan, adapun perawatan wajah yang tepat untuk mengtasi kulit kering ini adalah membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut sebanyak sekali sehari saat sebelum tidur malam.

Kemudian, perawatan dilanjutkan pada pagi harinya dengan cara mudah dan murah. Yaitu, cukup membasuh wajah menggunakan air hangat yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pelembab.

“Lakukan proses pengelupasan atau peluruhan sel kulit mati seminggu sekali. Bisa dengan memakai scrub yang butirannya kecil, halus, dan lembut,” katanya.

Sebaiknya, tambah Vina, hindari scrub yang terdiri dari garam atau kacang-kacangan karena cenderung kasar sehingga mampu merobek permukaan kulit dan bisa menjadi penyebab hilangnya kelembaban kulit.

“Ingat, jangan bersihkan kulit dengan air panas atau menguapi wajah karena menyebabkan kulit wajah semakin kering. Bersihkan dengan susu pembersih dan hindari menggunakan penyegar yang mengandung alkohol,” sarannya.

Jika menggunakan air untuk membersihkan wajah, maka saat mengeringkannya dengan handuk jangan dikeringkan seluruhnya. Namun biarkan wajah sedikit basah  hingga kulit terasa lembab.

“Jangan lupa, rajin-rajinlah mengonsumsi vitamin E dan suplemen untuk kecantikan kulit. Seperti suplemen yang mengandung fatty acid,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar